Juara 2 Inovasi Daerah Kab. Batu Bara, Aplikasi E-Diskop UKM Batu Bara diperuntukkan Untuk Seluruh UKM Batu Bara

Dinas Koperasi dan UMKM  / Kamis, 08 Desember 2022  / dibaca 56x

Juara 2 Inovasi Daerah Kab. Batu Bara, Aplikasi E-Diskop UKM Batu Bara diperuntukkan Untuk Seluruh UKM Batu Bara

Aplikasi E-Diskop UKM Batu Bara berhasil memenangkan juara 2 dalam lomba inovasi daerah Kabupaten Batu Bara pada kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Penyerahan hadiah lomba inovasi ini langsung diberikan oleh Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir M.AP kepada Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Arif Hanafiah, S.STP pada rangkaian pembukaan peringatan hari ulang tahun Kabupaten Batu Bara pada Rabu, 7/12 lalu. Aplikasi E-Diskop UKM yang diusung oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara ini merupakan langkah awal keterbukaan informasi UKM antara dinas terkait dengan para UKM yang ada di Kabupaten Batu Bara.  

Sebelumnya, aplikasi E-Diskop UKM Batu Bara baru saja diluncurkan pada Rabu, 23/11 lalu. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya UKM Batu Bara di era digital. Adapun penggunaan aplikasi E-diskop UKM ini sendiri diperuntukkan kepada para pelaku UKM yang ada di Batu Bara dan seluruh penikmat produk UKM Batu Bara sendiri. Melalui aplikasi ini user dapat melihat berbagai produk UKM dan lokasi tempat makan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar Batu Bara. Sehingga pendataan produk ukm saat ini dapat dilihat secara transparan. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Batu Bara, Arif Hanafiah, S.STP berharap aplikasi ini bukan sekadar inovasi yang diperlombakan saja, namun juga dapat digunakan oleh seluruh elemen masyarakat Batu Bara dan luar Batu Bara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Batu Bara sebagai langkah pasti untuk mewujudkan program UMKM Naik Kelas. 

Setelah peluncuran Aplikasi E-Diskop UKM Batu Bara, nantinya aplikasi ini akan dikembangkan dengan dukungan kerjasama seluruh UMKM yang ada di Kab. Batu Bara untuk memudahkan penjualan dan pemasaran online produk UKM Batu Bara ke dalam dan luar kota.