Dinas Koperasi dan UKM Gelar Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Kepada Pelaku UKM

Dinas Koperasi dan UMKM  / Jumat, 27 Mei 2022  / dibaca 29x

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara kembali gelar pelatihan bertema Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pemasaran Produk UKM Bagi Pelaku UKM pada Senin-Rabu, 23-25 Mei 2022 di Aula Singapore Land Waterpark. Peserta berasal dari para pelaku UKM di Kabupaten Batu Bara berjumlah 30 orang dari berbagai jenis usaha.

Acara dibuka dan diresmikan oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara, Dewi Ariana Margolang, S.T, MM. Dalam pembukaannya, Dewi berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk menunjang dan meluaskan penjualan usaha para UKM di Batu Bara terlebih dalam penjualan online.

 Acara dilanjutkan dengan pemaparan laporan panitia yang disampaikan oleh kepala bidang Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Larno. Terakhir, acara dilanjutkan dengan pemberian bagde nama kepada salah satu peserta yang mewakili dan dilanjut dengan pemaparan materi untuk para peserta. 

Pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran produk UKM. Mindset pemasaran secara online harus dimiliki oleh setiap pelaku UKM demi mengikuti perkembangan zaman yang serba online. Jual beli secara online semakin berkembang pesat, pelaku UKM khususnya yang ada di Batu Bara wajib terjun langsung di pasar online bukan sekadar di pasar offline. 

Dalam pelatihan ini, setiap peserta dibekali ilmu dasar penjualan secara online, mulai dari membuat foto produk agar tampak menarik, desain untuk dibagikan ke pasar online, hingga pembuatan akun fan page penjualan online. Tips dan trik memulai usaha di ranah digital tak lupa diberikan kepada seluruh peserta yang hadir. 

Kedepannya, melalui pelatihan ini, para pelaku UKM di Kabupaten Batu Bara diharapkan dapat meluaskan pasar ke seluruh Indonesia serta dapat bersaing dengan para pelaku UKM lain di luar kota demi meluaskan pasar dan menambah penghasilan yang lebih tinggi.