s

Tutup Pelatihan Pewarna Alam, Ny. Maya Berpesan Manfaatkan Tumbuhan di Sekitar Sebagai Pewarna Alami

Dinas Koperasi dan UMKM  / Kamis, 24 Februari 2022  / dibaca 311x

Batu Bara,

Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Ny.Maya Indriasari Zahir menutup Acara Pelatihan Pewarna  Alam Bagi Perajin Tenun dan Batik Kabupaten Batu Bara, di Aula Waterpark Singapore Land, Kecamatan Sei Balai. Jum'at (05/11/2021).

Turut hadir dalam penutupan ini Sekertaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dewi Ariana Margolang ST. MM, Sekertaris Dekranasda Dairi Sabar Pasaribu, dan Narasumber Pretty D.E Purba.

Dalam arahannya Sekertaris Dinas Koperasi UKM  Dewi mengatakan "Kegiatan ini difasilitasi dari Dana Alokasi Khusus(DAK) Kementerian Koperasi dan UKM, besar harapan kami ini menjadi contoh yang akan kita tunjukan kepada Kementerian Koperasi UKM bahwa dana yang diberikan kepada Pemkab Batu Bara ini, bisa kita maksimalkan dengan sebaik-baiknya dan dengan hasil yang memuaskan bagi kita semua, tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kepada seluruh perajin tenun dan batik di wilayah Kabupaten Batu Bara ini".

Dikesempatan yang sama Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Ny. Maya mengatakan "kegiatan pelatihan produk olahan dan kerajinan dalam pemanfaatan pewarna alami yang berasal dari tumbuhan sekitar, sehingga mengurangi penggunaan bahan kimia dalam pewarnaan dan juga dapat mengurangi limbah kimia yang selama ini mencemari lingkungan sekitar. Dan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman baru bagi pelaku usaha, sekaligus sebagai gerakan ekonomi masyarakat untuk memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan di sekitar sebagai bahan pewarna alami".