TENGKULUK TREND FASHION DI KABUPATEN BATU BARA

Dinas Koperasi dan UMKM  / Kamis, 31 Maret 2022  / dibaca 127x

 

Demi meningkatkan kelembagaan koperasi di Kabupaten Batu Bara, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Kabupaten Batu Bara sukses menggelar pelatihan peningkatan kelembagaan koperasi menuju koperasi berbasis digital untuk anggota koperasi wilayah Batu Bara.

Sebagaimana yang dianjurkan oleh Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dalam mendorong pelaku koperasi untuk masuk ekosistem digital, maka Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara mengindahkan hal tersebut dengan mengundang anggota koperasi wilayah Batu Bara untuk turut mengikuti pelatihan yang berlangsung di Aula Water Park Singapore Land ini pada 16-18 maret lalu. Antusiasme peserta dapat dirasakan selama pelatihan berlangsung dengan aktifnya peserta untuk terus belajar dalam dunia digital khususnya dalam bidang koperasi.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bidang Koperasi, Aswin. Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas mengatakan bahwa di zaman digitalisasi ini membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah. Jika kita tidak bisa mengikuti arus perkembangan teknologi, maka kita akan tertinggal. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik, salah satunya dengan bertransformasi menjadi digital koperasi.

Dengan dihadirkannya Juniari N Siahaan sebagai pemateri yang sekaligus bergerak di Dekopin wilayah Provinsi Sumatera Utara menjadikan pelatihan ini semakin aktif. Terlebih lagi pelatihan ini merupakan pelatihan koperasi berbasis digital pertama di Kabupaten Batu Bara. Koperasi di Kabupaten Batu Bara diharapkan mampu naik ke level digital dan menuju Koperasi Modern. Tidak hanya aktif menguatkan koperasi di level tradisional dan mampu menyejahterakan anggotanya, namun juga mampu dilirik koperasi lain dan dengan aktif membangun kerjasama yang baik.

Selain itu, pelatihan ini juga dihadirkan Pemateri dari Tim Teknis Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yaitu Anton Ragil Susilo yang sudah berpengalaman dalam dunia digital koperasi. Anton mengatakan di masa pandemi ini menjadi waktu yang pas untuk berubah. Dimana kita mulai terbiasa untuk melakukan segala hal secara digital. "Pandemi membuat kita berubah, yang tadinya offline menjadi online, hal ini dapat dijadikan momentum untuk mempercepat transformasi digital," Ujarnya.