Rumah Kemasan Batu Bara menjadi Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP Tahun 2022. Arif Hanafiah; “Ini semua atas bimbingan dan arahan Bapak Bupati”.

Dinas Koperasi dan UMKM  / Minggu, 31 Juli 2022  / dibaca 31x

 

 

Inovasi Rumah Kemasan Batu Bara dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara berhasil masuk sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP Tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Informasi ini dikabarkan langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Arif Hanafiah, S.STP pada Kamis (28/7) lalu. 

Arif mengatakan bahwa penghargaan ini dari sektor Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 terhadap Rumah Kemasan Kabupaten Batu Bara berbasis digital untuk meningkatkan penjualan dan perbaikan ekonomi UMKM di masa pandemi Covid-19 di daerah Batu Bara. 

“Ini semua atas bimbingan dan arahan Bapak Bupati. Sehingga dari 2000 proposal yang masuk sebagai finalis kita mendapatkan penghargaan Top 45 Inovasi dari kelompok umum dan 5 Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) dari kelompok khusus yang berlangsung dan disiarkan langsung dari kanal Youtube Kemen PANRB, Kamis (28/07/2022) hari ini,” lanjutnya. 

            Penghargaan ini merupakan rangkaian dari kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2022 yang telah dimulai sejak awal Juni lalu. Kemudian, presentasi inovasi Rumah Kemasan telah berlangsung secara virtual langsung di Rumah Kemasan Batu Bara  pada 24 Juni lalu. Hingga pada Kamis, 28 Juli akhirnya Rumah Kemasan Batu Bara diberi kesempatan masuk sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP Tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). 

            Saat ini, inovasi Rumah Kemasan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara masih terus bersaing dengan inovasi lain dari berbagai pihak untuk mendapatkan kesempatan sebagai Top Utama inovasi pelayanan publik di lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2022. 

            Top inovasi ini dilakukan secara kompetitif dan adil baik dari tim evaluasi dan Tim Panel Independen maupun dengan seluruh kompetitor yang berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari berbagai wilayah di Indonesia. 

“Penilaian KIPP Tahun 2022 dilakukan secara independen dan akuntabel oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen (TPI) tanpa intervensi dari pihak manapun,” ujar Arif Hanafiah.

            Kedepannya, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara akan terus memperbaiki inovasi Rumah Kemasan agar terus bermanfaat bagi masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi di masa pandemi Covid-19.