Rapat Temu Kerja Sekaligus Silaturrahmi dan Berbuka Puasa Bersama, Para Pelaku UMKM Terima Sertifikat Halal dan HKI

Dinas Koperasi dan UMKM  / Kamis, 28 April 2022  / dibaca 54x

 

 Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mengundang para UKM Kabupaten Batu Bara dalam peluncuran sertifikat Halal dan HKI pada Rabu, 27/4 di Hotel Singapore Land. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Arif Hanafiah, S.STP dan Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Dewi Ariana Margolang, S.T, MM beserta dengan para ASN dan Honorer Diskop UKM Batu Bara. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara, Arif Hanafiah, S.STP menyampaikan,

“Pemerintah daerah konsisten dalam mendorong agar pelaku UMKM dapat memperoleh izin P-IRT, izin edar BPOM, sertifikat halal, sertifikat merek, NIB dan NPWP guna meningkatkan pemasaran produk UMKM mereka di tingkat lokal, provinsi bahkan nasional. Termasuk agar produk-produk UMKM kita dapat bersaing di marketplace online yang eksis saat ini, serta juga di e-katalog lokal yang sedang disiapkan oleh pemerintah.”    

Peluncuran sertifikat halal diberikan kepada 7 UKM yang berhasil mendapatkan sertifikat halal setelah proses Panjang yang sudah dilakukan sebelumnya. Sedangkan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memberikannya kepada Batik Praja Laut Tador yang diwakili oleh kepala desa Laut Tador, Suheri. Batik Praja merupakan UKM yang pertama sekali mendapatkan sertifikat HKI di tahun 2022. 

Acara pemberian sertifikat HKI dan Halal dilanjutkan dengan buka bersama antara pelaku usaha yang mendapatkan sertifikat halal dan HKI bersama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara untuk merekatkan persaudaraan antara Dinas dan para pelaku UKM Kabupaten Batu Bara.