s

PELAKU UMKM KULINER BATU BARA DIBERIKAN PELATIHAN PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN

Dinas Koperasi dan UMKM  / Rabu, 30 Maret 2022  / dibaca 180x

Batu Bara- Dalam upaya meningkatkan kualitas hasil olahan pangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Batu Bara. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara memberikan pelatihan penyuluhan keamanan pangan. Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Waterpark Singaporeland (15-17 Maret 2022).

Kegiatan Peyuluhan  Keamanan Pangan bagi Pelaku UMKM Kuliner langsung dibuka oleh Kepala Bidang Usaha Mikro, H. Larno, S.H dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam sambutannya, Kepala Bidang Usaha Mikro mengatakan bahwa industri kecil rumah tangga yang memproduksi makanan dan minuman yang ada di wilayah Kabupaten Batu Bara semakin menjamur, oleh karena itu dibutuhkannya Pelatihan Keamanan Pangan Sebagai salah satu pilar yang mendukung Keamanan Pangan, peran dan tanggung jawab Pemerintah sangatlah penting. Salah satunya dengan adanya Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) yang kompeten dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengkonsumsi pangan yang aman dan terhindar dari risiko pangan yang tidak memenuhi persyaratan. Juga kepada pelaku usaha untuk selalu memproduksi pangan olahan yang aman.

Sejalan dengan hal tersebut, makanan olahan atau produk makanan jadi dalam kemasan siap pakai tampak semakin digemari masyarakat dan beredar dalam jumlah yang semakin meningkat dengan jaringan distribusi yang semakin luas.

Diakhir sambutanya dirinya mengharapkan kegiatan penyuluhan keamanan pangan ini dapat menambah wawasan para pelaku UMKM Bidang Kuliner yang ada di Kabupaten Batu Bara khususnya dalam penanganan, pengolahan bagi para produsen pangan industri  rumah tangga, khususnya bagi produk-produk makanan dan minuman yang memiliki sertifikat keamanan pangan sebagai syarat untuk mendapatkan perizinan PIRT dari Dinas Kesehatan.

Pada pelatihan ini mengundang dua narasumber yaitu Tengku Awalludin, S.Farm., Apt dan Dwi Setio Purnomo, S.Si., Apt, M.Sc dari BPOM Kota Medan.