Hindari Kapasitas Koperasi yang Melemah, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Pelatihan untuk Anggota Koperasi Wilayah Batu Bara

Dinas Koperasi dan UMKM  / Rabu, 25 Mei 2022  / dibaca 31x

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara gelar pelatihan bertajuk Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Organisasi dan Usaha Koperasi pada Senin 23/5 di Aula Singapore Land untuk para koperasi di wilayah Kabupaten Batu Bara.

Acara dibuka dengan khidmat bersama dengan seluruh peserta dari anggota koperasi di wilayah Kabupaten Batu Bara. Dibuka dengan melantunkan doa, pelatihan ini diharapkan berjalan lancar sampai hari terakhir yaitu pada Rabu 25/5 mendatang. Setelah itu pembukaan acara diresmikan oleh sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Dewi Ariana Margolang, S.T, MM yang juga sekaligus membawakan kata sambutan serta pesan-pesan untuk para peserta yang berhadir.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan laporan panitia yang disampaikan oleh kepala bidang koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Batu Bara, Aswin. Terakhir, acara dilanjutkan dengan pemberian bagde nama kepada salah satu peserta yang mewakili dan dilanjut dengan pemaparan materi untuk para peserta. 

Demi meningkatkan kapasitas pengelolaan organisasi untuk seluruh peserta, maka Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memberikan materi yang menunjang pengelolaan organisasi koperasi. Oleh sebab itu, materi pertama yang diberikan adalah tentang pengurusan nomor izin usaha dengan menggunakan OSS (Online Single Submission) yang dibawakan oleh Fajran Syarif, S.E. Di mana OSS ini berfungsi sebagai sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang membantu memudahkan koperasi atau usaha kecil dan menengah dalam pengajuan permohonan izin usaha. Materi kedua adalah pembekalan tentang perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang dipaparkan oleh Andi Mulia Azmi, SH. 

Materi dilanjutkan keesokan harinya sampai 3 hari berturut-turut kepada para peserta. Pelatihan ini diharapkan mampu menguatkan kapasitas Koperasi di Batu Bara agar lebih sejahtera, sebab keberhasilan dan kesejahteraan sebuah koperasi bergantung dari kuatnya organisasi pada anggota koperasi.